Panduan Pemasangan Paket Kolam Bundar


1.  Pembuatan Saluran Pembuangan (Outlet)

Pertama kita bersihkan dahulu pekarangan/ lokasi untuk pembuatan kolam dengan desain kemiringan diletakkan pada bagian paling tengah (pusat), dengan kemiringan  + 10 cm, ini bertujuan agar endapan dapat mengumpul pada satu titik, sehingga pada titik tersebut akan ada semburanaerasi, sehingga tidak akan terjadi pegendapan kotoran.

Buat tempat meletakan rangka, kalau ada bisa menggunakan tembok agar lebih kuat. Usahakan bagian bawah dibuat melengkung seperti ketel/penggorengan

Setelah itu pasangan paralon dengan dari sumbu ke pinggir/ batas luar kolam dan keduanya dipasang knee dan di lem dengan lem paralon, posisikan paralon agar tidak sejajar atau menjorok keluar area kolam agar air dapat terbuang semua. Kemudian ratakan dengan tanah kembali.

2. Teknik Pemasangan Wiremesh

Setelah pembuatan saluran pembuangan selesai selajutnya kita memasang besi wiremesh yang berfungsi untuk menyangga terpal, mula-mula besi kita potong sesuai ukuran, kemudian kita satukan sehingga menjadi bentuk bulat, pada pertemuan besi wiremesh tersebut kita satukan dengan cara kita ikatkan salah satu besi dengan sehigga akan menyatu dengan kuat.

Selanjutnya kita pasang penutup bagian dalam wiremesh dengan karpet talang kita ukur sesuai kebutuhan dan kita pasang di dalam besi wiremesh kemudian kita ikat dengan kawat bendrat agar tidak lepas, ini bertujuan untuk menghindari benjolan-benjolan yang diakibatkan oleh air ketika kolam sudah diisi oleh air dan supaya terpal tidak mudah bocor. Jangan Lupa Beri bantalan pada bagian atas supaya terpal tidak bocor tergores potongan wire-mesh

 

 

 

3. Teknik Pemasangan Terpal

Selanjutya, kita pasang karpet talang atau karpet lantai selanjutnya kita pasang terpal bundar dengan langsung kita posisikan dari tengah, atau dicari sumbu tengahnya sehingga akan lebih mudah dan akan sesuai yang kita harapkan, kemudian pelan-pelan kita buka sehingga menutupi semua area wiremesh, setelah wiremesh terpasang dengan rapi kemudian langkah selajutnya yakni membuat lubang  pembuangan yakni dengan cara menyobek menggunakan silet/ pisau cutter pada bagian atas knee pembuangan, kemudian kita masukkan paralon yang sudah kita lubangi dan diberi penutup.

Tips Pemasangan Kolam Terpal :

Sedikit tips untuk pemasangan kolam terpal. Tips ini utamanya bagi pemula yang masih bingung dengan cara pemasangan kolam terpal.

  1. Pesanlah (buat) rangka kolam sesudah kolam terpal datang  (sampai)
  2. Kerangka harus sesuai dengan ukuran kolam, jangan sampai kebesaran,
  3. Pasang dahulu kerangka, dan pastikan terangkai dengan rapat ,
  4. Masukkkan kolam terpal ke dalam kerangka yang sudah siap (Ingat Kolam terpal jangan diikat dulu ke rangka)
  5. Masukkan air ke dalam terpal sesuai dengan kebutuhan.
  6. Langkah terakhir  ikat kolam terpal dengan  rangka.

Beberapa kesalahan dalam pemasangan kolam terpal :

  1. Rangka kolam terlalu besar dari ukuran kolam terpal, hal ini menyebabkan kolam terpal akan mudah rusak, karena kolam terpal itu hanya sebagai lapisan rangka yang sudah ada, bukan sebagai penahan tekanan air/wadah.
  2. Kolam terpal diikat terlebih dahulu sebelum diisi air, akibatnya terkadang kolam terpal menggantung dan memiki jarak dari permukaan tanah. Hal ini akan memperberat beban kolam,  dan tentu saja kolam terpal akan lekas rusak karena bukan fungsinya sebagai penahan beban tekanan air.

Informasi harga kolam terpal bundar dapat di klik disini.

Untuk informasi pelatihan Biofloc dapat klik disini.